Cara Membuat Racun Ikan Alami Dari Tumbuhan
Tanaman Tuba

Cara Membuat Racun Ikan Alami Dari Tumbuhan

Posted on

Cara Membuat Racun Ikan Alami Dari Tumbuhan. Bebrbagai cara untuk menangkap ikan dari cara tradisional sampai cara modern.

Ada yang mulai dari pakai alat pancing, jaring, sampai dengan racun ikan. Tapi kali ini tidak akan mengajarkan membuat racun ikan dengan bahan yang berbahaya, yang bisa membahayakan lingkungan .

Cara Membuat Racun Ikan Alami Dari Tumbuhan
Tanaman Tubaracun ikan, cara membuat

Menangkap ikan dengan racun, terdengar sangat ekstrim.Dengan membuat racun ikan dari tumbuhan tentunya tidak akan merusak ekosistem perairan, berbeda dengan bahan kimia yang tergolong sangat ekstrim.

Racun Ikan Alami yang berbahan tumbuhan terbagi menjadi dua yaitu senyawa Saponin dan Retenone. Senyawa tersebut bersifat seperti sabun di air yaitu menghasilkan buih ketika dicampur dengan air.Bahan yang digunakan kita bisa peroleh dari lingkungan sekitar.

Tanaman atau Tumbuhan yang bisa di buat menjadi Racun Ikan

Tanaman Tuba

Tanaman Tuba sudah lama dan dikenal sebagai racun ikan alami. Untuk membuatnya cukup tumbuk akar tanaman tuba kemudian masukan dan aduk-aduk di dalam air rawa atau kolam.

Tephrosia Sp

Tumbuhan ini masih sejenis dan kerabat kedelai liar. Jadi jangan salah pilih tumbuhan yang satu ini dengan jenis lain yang hampir mirip dan kurang efektif. Bagian yang bisa digunakan sebagai racun adalah batang dan akar. Tumbuk batang serta akar lalu masukan ke air dan aduk-aduk.

Akasia Sp

Pohon ini sangat mudah ditemukan, biasanya dijadikan peneduh di pinggir jalan. Bisa juga di temukan di kebun kebun warga. Bagian yang digunakan sebagai bahan racun adalah daun dan bijinya. Untuk membuatnya sama cukup tumbuk lalu masukan kedalam air dan aduk-aduk.

Baringtonia Sp

Tanaman ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang unik. Dan bagian yang digunakan untuk membuat racun adalah biji dan buah. Tumbuk biji dan buah lalu tebarkan kedalam air target.

Pacing Tawar (Costus Sp)

Ini merupakn tanaman hias karena bunganya yang cukup indah, jadi sangat mudah ditemukan. Bagian yang digunakan adalah akar. Cukup tumbuk akan lalu tebarkan dan aduk-aduk didalam air.