cara memperbanyak asi

Cara memperbanyak ASI Air Susu Ibu

Posted on

Tips Cara Upaya Memperbanyak ASI Air Susu Ibu

Air susu Ibu atau lebih dikenal dan disingkat dengan ASI, adalah makanan yang paling bermanfaat bagi bayi.Sebagai seorang ibu tentunya berharap ingin berikan asupan gizi yang terbaik melalui ASI Eksklusif bagi bayinya.

cara memperbanyak asi

Banyak berbagai cara yang dapat ditempuh untuk memperbanyak ASI,Berikut berbagai cara memperbanyak ASI :

1.Mengkonsumsi Makanan yang bergigizi lebih diperbanyak.

Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar, minum susu yang terkandung caiaran yang bermanfaat membantu proses laktasi dan serta makan makanan bergizi.

2.Dilarang Merokok maupun didekat orang merokok.

Racun dan Nikotin yang terkandung dalam rokok,menyebabkan dampak negative bagi kesehatan tak terkecuali oleh ibu menyusui.Rokok berpengaruh menghambat proses laktasi.Selain lewat aktifitas merokok secara langsung, pun menghirup asap rokok disekitar kita, maka Jangan merokok dan hindari dari orang yang merokok

3.Posisi bayi saat menyusui.

Posisi yang nyaman bayi saat menyusui, menghisap susu dari payudara sangat berpengaruh.Ketidaknyamanan tersebut dapat menyebabkan bayi menolak menyusu, dan itu bias mengurangi produksi ASI.

4.Bayi tolak menyusu,Gunakan pompa ASI.

Bayi menolak menyusu, karena faktor kenyaman posisi menyusu atau faktor lain.Cara menyiasati masalah tersebut gunakan alat bantu pompa ASI.Mengeluarkan ASI,dapat memicu tubun sang ibu  tetap memproduksi susu lebih banayak.Taruhlah susu dalam botol, simpan di kulkas.Gunakan sendok ataupun gelas saat memberikan ke bayi.

5.Sesering mungkin menyusui bayi.

Semakin banyak bayi mengkonsumsi susu ASI,maka banyak pula susu yang akan diproduksi ibu.

6.Hindari stress seorang ibu menyusui.

Stress menyebabkan menurunnya produksi ASI,

7.Istirahat cukup bagi Ibu menyusui.

Tidur sejenak saat bayi tidur siang, kelelahan ibu menyusui menyebabkan penurunan produksi ASI.Istirahat yang cukup membantu merefitalisasi organ tubuh, yang bermanfaat untuk memperbanyak ASI.