Cara Merangkai Buah Dan Sayuran

Cara Merangkai Buah

 Cara Merangkai Buah Dan Sayuran

Dalam menerapkan seni merangkai buah, sebaiknya memiliki standar baku yang berpedoman kepada kebersihan, keindahan, dan bergizi. Perangkai pemula umumnya kebingungan harus mulai dari mana dulu. Mulailah dari hal sederhana, buah apa yang Anda sukai.

Apakah Anda akan merangkai satu jenis buah saja seperti rambutan, jeruk, lengkeng, kolang-kaling (cangkaling), tomat, semangka, manggis ataukah Anda ingin mengombinasikannya menjadi “semaCara Membuat Hiasan Dari Sayuran2 Cara Merangkai Buah Dan Sayuran rak dan banyak” hingga menjadi satu-kesatuan yang indah.

Khusus pemula hendaknya menyiapkan tools (alat bantu) untuk merangkai buah seperti cutter, aneka macam pisau (tajam, bergerigi), kawat, lem, kertas, kayu, dan benda-benda lain yang keperluannya disesuaikan untuk merangkai buah. Jika Anda tidak memiliki seorang mentor,Anda dapat men-download dari internet, tutorial cara cepat merangkai buah yang indah dan praktis.

Karena Anda tergolong pemula, pilihlah buah-buahan yang mudah didapat dan mudah dirangkai, mudah dibentuk seperti rambutan, pisang, semangka, dan lainnya. Ingat, merangkai buah ini ada dua macam, buah sudah dikupas dan buah belum dikupas. Jangan lupa utamakan kebersihan dan kesehatan.

 Cara Merangkai Sayuran

Prinsip dari seni merangkai adalah untuk hiasan keindahan pada berbagai acara-acara seperti pernikahan, pesta, hajatan, ritual, dan lain sebagainya. Seni merangkai sayuran misalnya dapat kita saksikan ketika musim panen tiba. Sayuran terong, kacang panjang, buncis, cabai dan tomat, wortel, kentang, daun sop, kol, pisang, ubi bahkan jengkol dan petai pun dapat dibuat hiasan rangkaian sayuran.

Kreasi untuk merangkai sayuran tentu saja berdasarkan latihan berulang-ulang agar tumpukan buah tidak jatuh. Kecuali menggunakan alat bantu semacam tali atau kawat halus untuk saling merekatkan sayuran di tumpukan.

Cara Membuat Hiasan Dari Sayuran

ntuk saat istimewa, hidangan lezat saja tentu tidak cukup. Perlu sentuhan khusus agar hidangan terlihat menarik untuk disantap dan menggugah selera. Disinilah hiasan atau garnish berperan. Dengan hiasan atau garnish, tampilan hidangan akan semakin menarik. Kita bisa membuat hiasan atau garnish cantik dari beragam jenis bahan makanan, termasuk sayur dan buah.

Berikut ini adalah tehnik cara membuat hiasan dari sayuran:

# MEMBUAT MAWAR

Bahan:
Tomat ceri
Timun Jepang (Kyuri)

Cara membuat:

Cara Membuat Hiasan Dari Sayuran Cara Merangkai Buah Dan Sayuran
Kupas kulit ari tomat secara ,elingkar, dimulai dari tempat tangkai tomat keatas, jangan sampai putus.
Gulung kulit ari tomat hingga terbentuk kelopak mawar
Potong tipis mentimun
Susun potongan mentimun, letakkan mawar tomat diatasnya
Rangkai diatas piring saji

# MEMBUAT LOTUS

Cara Membuat Hiasan Dari Sayuran1 Cara Merangkai Buah Dan Sayuran
Bahan:
Tomat ukuran sedang (pilih bentuknya yang agak lonjong)
Daun peterseli

Cara membuat:

Cara Membuat Hiasan Dari Sayuran2 Cara Merangkai Buah Dan Sayuran
Belah tomat menjadi 2 bagian
Masing-masing bagian, potong lagi menjadi 2 bagian sama besar
Sayat kulit ari dari setiap bagian tomat, tetapi jangan sampai putus
Tekuk keluar sayatan kulit ari tomat sehingga menyerupai kelopak
Susun kelopak – kelopak tomat diatas piring saji

# MEMBUAT BUNGA ASTER

Membuat bunga ester Cara Merangkai Buah Dan Sayuran

Bahan:
Wortel yang ukuran besar

Cara membuat:

bunga aster2 Cara Merangkai Buah Dan Sayuran
Iris-iris wortel secara melingkar setebal +/_ 0,3 cm
Dengan menggunakan cetakan kue kering bentuk bunga, tancapkan cetakan pada penampang setiap irisan wortel sehingga berbentuk bunga
Buat irisan-irisan melintang di bagian tengahnya
Rapikan sudut-sudutnya dan bentuk seperti pada gambar 5

Cara Merangkai Buah Dan Sayuran | caramanfaat | 4.5

Leave a Reply