Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Milia di Wajah

Cara Tepat Mencegah dan Menghilangkan Milia di Wajah

Posted on

Milia adalah penyakit kulit yang sering disebut dengan jerawat bayi. Munculnya sebutan tersebut karena pada umumnya penyakit ini terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun, orang dewasa juga dapat terkena penyakit satu ini, lho.

Bukan seperti jerawat yang tumbuh besar, milia hanya berupa benjolan berukuran 1-2 mm dan berwarna putih. Jika dilihat baik-baik, warna milia ini menyerupai mutiara atau putih kekuningan. Bisanya milia tumbuh disekitar hidung, mata, dahi, pipi dan dada.

Penyebab timbulnya milia karena adanya protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea pada kulit. Selain itu, gangguan pada kelenjar pilosebasea, misalnya akibat luka bakar juga dapat jadi penyebab timbulnya milia.

Kemunculan milia sebenarnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Hanya saya terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Maka dari itu, banyak orang yang berupaya mencegah atau pun menghilangkan milia secepat mungkin.

1. Rajin Membersihkan Wajah untuk Mencegah Milia

Cara yang paling mudah untuk mencegah munculnya milia adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kotoran menyumbat di dalam pori-pori yang merupakan penyebab utama timbulnya milia.

Produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, asam sitrat dan asam glikolat adalah yang terbaik untuk mengatasi kondisi kulit akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan. Cara membersihkan wajah pun harus diperhatikan, lho.

Bersihkan wajah dengan menggunakan milk cleanser atau micellar water water terlebih dahulu. Pijat wajah dengan lembut saat mengoleskan pembersih. Untuk hasil yang maksimal, selanjutnya bersihkan wajah dengan sabun khusus yang memberikan efek lembap.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung dengan Sunscreen

Sinar UV memiliki banyak efek negatif salah satunya adalah menebalkan kulit. Dengan menebalnya jaringan epidermis, maka keratin yang berada di bawahnya pun semakin sulit keluar. Tersumbatnya keratin akan menyebabkan milia timbul.

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika kalian menggunakan krim tabir surya saat akan beraktivitas di luar ruangan. Gunakan produk yang memang khusus diformulasikan untuk perawatan wajah yakni yang bebas minyak. Sunscreen dengan kandungan minyak hanya akan semakin menyumbat pori-pori.

3. Jangan Gunakan Make Up Tebal untuk Menutupi Milia

Milia memang membuat sebagian orang tidak percaya diri terutama wanita. Biasanya mereka akan menutupi keberadaan milia dengan menggunakan make up. Namun, hal tersebut malah akan membuat penyakit kulit itu bertahan lama. Riasan tebal akan mengotori wajah sehingga membuat milia sulit dihilangkan.

Kosmetik dan krim perawatan wajah yang berat akan bertahan lama di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Padahal hal tersebut merupakan penyebab utama milia. Jadi, jika kalian sering melakukan hal tersebut, sebaiknya segera hentikan mulai sekarang.

4. Eksfoliasi Kulit Ampuh Singkirkan Milia

Salah satu cara yang dapat menghilangkan milia adalah eksfoliasi kulit. Perawatan wajah satu ini mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk yang dapat membuat keratin terperangkap di pori-pori. Produk eksfoliasi sendiri beragam bentuknya, ada yg berupa sabun, masker, krim dan masih banyak lagi.

Melakukan eksfoliasi kulit tidak perlu setiap hari. Kalian cukup melakukannya 2 hingga 3 kali seminggu.Saat melakukan eksfoliasi, jangan lupa untuk memijat atau menekan lembut butiran scrub pada wajah. Hal tersebut dapat memaksimalkan proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

5. Gunakan Krim Wajah yang Mengandung Retinol untuk Mengatasi Milia

Produk perawatan wajah yang mengandung retinol rupanya memiliki khasiat untuk eksfoliasi kulit yang akan membutat kulit tetap halus dan bersih. Retinol umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat dan melawan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, retinol juga aktif merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Namun, hindari penggunaan retinol pada area kelopak mata karena dapat membuat kulit iritasi dan merusak apabila terkena mata.

6. Buat Scrub Rumahan dengan Gula Pasir

Eksfoliasi kulit tidak hanya dapat dilakukan dengan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan memanfaatkan gula pasir.

Penggunaan gula pasir untuk eksfoliasi kulit membutuhkan bahan-bahan alami lainnya yakni air perasan lemon dan minyak zaitun. Cara pembuatannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan perasan ari lemon dengan 2 sdm gula pasir dan 1 sdm minyak zaitun. Lalu scrub alami siap digunakan.

7. Gunakan Uap untuk Membuka Pori-Pori

Membuka dan membersihkan pori-pori juga menjadi cara ampuh untuk mencegah serta menghilangkan milia. Tipsnya adalah menggunakan uap air panas untuk membuat pori-pori lebih besar agar mudah dibersihkan. Selain milia hilang, kulit kalian pasti akan terasa lebih mulus.

Cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengisi mangkuk besar atau baskom dengan air panas. Arahkan wajah ke atas mangkuk dan rasakan sensasi uap hangat tersebut. Kalian juga bisa menutupi kepala dengan handuk agar uap tidak keluar. Pertahankan posisi tersebut selama 5 hingga 10 menit.

8. Gunakan Masker Telur untuk Menghilangkan Milia

Kandungan retinol rupanya juga terdapat dalam telur sehingga dapat membantu membersihkan kulit. Kalian cukup mengolahnya menjadi masker sekali pakai. Sama seperti sebelumnya, penggunaan telur sebagai masker membutuhkan campuran bahan alami lainnya seperti minyak almon, yogurt tawar dan madu mentah.

Campurkan 1 butir putih telur, setengah sendok teh minyak almond dan 1 sdm untuk masing-masing bahan lainnya. Aduk hingga tercampur menjadi pasta dan oleskan pada area yang terdapat milia. Biarkan hingga 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

9. Atasi Milia dengan Masker Madu

Bahan alami selanjutnya yang ampuh mengatasi milia adalah madu. Kandungan anti oksidan di dalamnya dapat membuat kulit lembap dan terhindar dari kondisi yang kering. Penggunaannya tidak memerlukan bahan lain, kok. Kalian cukup mengoleskan madu asli ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.

10. Masker Lidah Buaya Bermanfaat untuk Sembuhkan Milia

Pemanfaatan lidah buaya di dunia kecantikan memang tak diragukan lagi. Rupanya tumbuhan yang memiliki bentuk panjang dan berduri ini mengandung anti oksidan, penenang dan penyembuh serta anti peradangan kulit sehingga mampu menangani milia.

Untuk menggunakannya, kalian bisa mengambil gel di dalam daun lidah buaya dan mengoleskannya pada seluruh wajah atau area yang terdapat milia. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit. Jika tak mau repot mengupas daun lidah buaya, kalian bisa memakai produk kecantikan yang mengandung ekstrak lidah buaya seperti Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel dan Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel.