Diet Golongan Darah O Menurut Para Ahli

Diet Golongan Darah O Menurut Para Ahli

Posted on

Diet Golongan Darah O Menurut Para Ahli – “Beda golongan darah beda pula makanannya”, begitu kira-kira kesimpulan sederhana dari buku yang berjudul Eat Right For Your Type yang tentu saja berlaku bagi diet golongan darah O. Buku tersebut ditulis oleh Dr. Peter J. D. Adamo yang diterbitkan pada tahun 1996 dan berisi tentang kaitan antara golongan darah dan jenis nutrisi yang tepat bagi pemilik darah tertentu.

Diet Golongan Darah O Menurut Para Ahli

Peter memaparkan secara gamblang bahwa tiap orang punya respon spesifik terhadap jenis makan yang ia makan dengan mengacu pada jenis golongan darah yang ia miliki. Oleh karenanya, diet spesifik tidak cocok untuk semua jenis orang.

Jika proses diet mengacu pada golongan darah, orang yang melakukannya akan mendapatkan banyak keuntungan dari jenis diet yang satu ini misalnya mencapai kondisi emosional yang stabil. Diet berdasarkan golongan darah juga membuat orang tidak mudah stress dan punya daya tahan tubuh yang lebih baik.

Kesimpulan tersebut diperoleh Dokter Peter setelah melakukan serangkaian penelitian tentang darah dan nutrisi. Ia menemukan bahwa terjadi reaksi kimia khas antara darah dan jenis makanan yang kita makan. Hal itu terjadi karena adanya warisan genetis berupa golongan darah yang bereaksi dengan senyawa protein yang ada dalam makanan yaitu lektin.

Jenis golongan darah O –seperti halnya golongan darah yang lain yang mempunya cara khusus dalam diet, baik itu menu diet golongan darah O ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan metabolisme tubuh. Peter mengungkapkan bahwa cara diet sehat golongan darah O bisa bisa dilacak melalui sejarah evolusi manusia dari 25.000 tahun SM, di mana leluhur kita punya tipe darah yang sama yaitu golongan darah O. Mayoritas dari mereka adalah pemburu yang hanya makan dari daging hasil hewan buruan.

Olehnya itu menu diet golongan darah o sebaiknya berupa makanan dengan kadar protein yang tinggi, rendah karbohidrat. Anda bisa mencoba mengkonsumsi daging dan ikan, namun tidak mengkinsumsi gandum atau susu.

Menu selanjutnya yangmasuk daftar rekomendasi adalah telur, kacang dan sedikit buah-buahan. Jangan makan nasi, sereal dan pasta yang mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak. Agar tubuh punya stamina yang biak, orang dengan golongan darah O bisa mencoba olahraga aerobik yang mirip dengan gerak orang yang sedang berburu.

Beberapa Karakteristik Diet Golongan Darah O
Punya sistem kekebalan tubuh yang lebih baik daripada tipe darah lain
Cepat menyesuaikan diri dengan jenis makanan yang dijumpai di lokasi tertentu
Latihan aeorobik bisa membantu golongan darah ini mengatasi stres
Makanan berprotein tinggi dan low karbohidrat seperti daging dan buah sangat dianjurkan untuk golongan darah O
Jika golongan darah O mengkonsumi makanan yang tidak cocok, mereka bisa terkena penyakit dari radang dan arthritis (kerusakan organ)
Dengan mengenali jenis golongan darah, anda bisa menentukan langkah yang tepat untuk memulai sebuah program diet. Penjelasan di atas sebenarnya ingin mengungkapkan 3 jenis kelompok makanan diet golongan darah o, yaitu makanan penting (punya manfaat dan berkhasiat sebagai obat), makanan yang boleh dikonsumsi dan makanan yang sama sekali tidak boleh dimakan karena berbahaya.

Kunci sukses dari program diet jenis ini adalah konsistensi dan kedisiplinan. Penting juga untuk mencermati kondisi tubuh anda terutama jenis golongan darah, karena cara diet golongan darah O akan bisa diterapkan dengan benar jika anda punya referensi yang baik dan terpercaya.

Baca juga Diet Ocd Menurut Pakar Kesehatan

 

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *