Manfaat Minyak Zaitun

Ini Manfaat Dari Minyak Zaitun

Posted on

 – Olive Oil atau biasa disebut dengan merupakan minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak ini merupakan kategori minyak sehat banyak mengandung lemak tak jenuh. Selain minyaknya yang bisa dikonsumsi, buah zaitun juga dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Banyak sekali minyak zaitun, mulai dari bahan kosmetik, perawatan rambut, hingga menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun ini memang sudah cukup terkenal sejak dahulu kala. Biasanya orang dulu memanfaatkannya untuk bahan kecantikan. Bahkan sejak 400 tahun sebelum masehi zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Vitamin yang terkandung dalam minyak buah zaitun yakni Vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya resiko kanker, mengurangi penyakit jantung, dan bisa menguatkan daya tahan tubuh.

Vitamin E
healthbeacon.co.uk

Selain vitamin E, kandungan lain yang terdapat di dalam minyak zaitun adalah asam lemak essensial. Lemak ini terdiri dari omega 3 dan omega 6. Ini bukan lemak jahat melainkan lemak yang baik untuk kesehatan manusia yang berfungsi untuk kesehatan jantung, obesitas bahkan hingga penyakit diabetes.

Untuk daya tahannya sendiri, minyak buah zaitun biasanya dapat bertahan selama 3 bulan setelah dari proses produksi. Namun ada juga yang bisa bertahan sampai 2 tahun lamanya. Tetapi sebaiknya dalam mengkonsumsi minyak ini tidak sampai setahun karena berdasarkan penelitian oleh para ahli bahwa kadar antioksidan di dalam minyak zaitun akan turun drastis selama setahun. Hal tersebut tentu juga akan mengurangi manfaat minyak zaitun sendiri.

Bila ingin mendapatkan manfaat minyak zaitun secara maksimal, disarankan untuk membeli zaitun yang daya tahannya tidak lebih dari setahun, mungkin bisa setengah tahun atau cukup hanya beberapa bulan saja. Serta dalam penyimpanannya pun tidak boleh sembarangan. Sebaiknya simpan kemasan yang minim cahaya dengan suhu yang tidak terlalu panas. Anda juga bisa menaruhnya di dalam lemari es. Jangan takut bila minyak zaitun diletakkan di lemari es hal itu tidak akan mempengaruhi kualitas minyak zaitunnya atau mengurangi kadar dari manfaat minyak zaitun. Dan bila ingin membelinya pastikan tertera tulisan BPOM RI. Pastikan juga masa expired pada kemasan sehingga anda bisa mengira-ngira batas penggunaannya.

Meski menyehatkan, Anda tetap harus membatasi asupannya karena kadar kalori per 100 gram-nya adalah 885 kilokalori. Gunakan minyak zaitun dengan bijak agar Anda bisa mendapatkan baiknya. Inilah beragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

Kadar lemak yang terdapat pada 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu berjenis lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh yang dianggap menyehatkan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3 dan omega-6.

“Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun.” Pasti Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Selama ini minyak zaitun kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki lebih banyak manfaat. Tidak heran jika harganya pun berbeda jauh dari minyak goreng biasa.

Minyak zaitun terbagi dalam 3 kelompok yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Untuk jenis yang pertama yaitu extra virgin. Minyak zaitun extra virgin ini merupakan jenis yang paling baik karena hanya melewati satu proses perasan saja. Jadi jenis extra virgin ini merupakan hasil perasan pertama dari buah zaitun. Tingkat kadar keasaman yang dimiliki extra virgin pun hanya 1 persen. Lalu untuk jenis kedua ada yang namanya minyak zaitun virgin. Zaitun virgin ini juga hanya melewati satu perasan saja dan memiliki kadar keasaman sedikit lebih tinggi dari zaitun extra virgin yaitu sekitar 3 persen. Untuk jenis ketiga adalah jenis minyak zaitun fino. Zaitun fino ini merupakan perpaduan antara extra virgin dan virgin. Untuk jenis keempat dinamakan minyak zaitun pure. Minyak ini merupakan campuran antara zaitun ekstra virgin dan virgin dimana sudah diolah. Untuk jenis terakhir adalah light. Jenis light ini sudah melewati proses saring yang hasil akhirnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitunnya. Zaitun light bisa digunakan untuk memasak seperti menumis atau memanggang. Namun minyak zaitun yang bisa dipakai adalah minyak yang bukan extra virgin.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Kadar lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun terbilang cukup tinggi. Namun minyak zaitun sendiri tetap tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia.

Sekalipun lemak yang terkandung dalam zaitun menyehatkan, Anda tetap harus membatasi dan mengontrol asupan lemak untuk tubuh anda. Pasalnya, kadar kalori per 100 gram-nya adalah 8,85 kilokalori. Gunakanlah zaitun secara baik dan benar agar anda bisa merasakan berjuta manfaat minyak zaitun. Berikut ini merupakan manfaat minyak zaitun yang sangat membantu untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Pencegahan Penyakit Jantung
hariansehat.com-Pencegahan Penyakit Jantung

Berdasarkan pembahasan sebelumnya bahwa lemak tidak jenuh merupakan salah satu kandungan dari minyak zaitun itu sendiri. Manfaat dari kandungan lemak tidak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun salah satunya adalah baik untuk kesehatan jantung. Terutama dapat mengendalikan kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat mempertahankan kolestrol baik. Sehingga manfaat minyak zaitun salah satunya adalah dapat memelihara kesehatan jantung.

  1. Mengurangi Angka Kematian

Menurut hasil studi yang telah dipublikasi pada majalah Lanst yang sudah cukup lama pada tanggal 20 Desember 1999 M, bahwa Albania yang terletak di Eropa dan terkenal dengan negara masyoritas berpenduduk muslim. Mereka memiliki salah satu keistimewaan yaitu sangat sedikit angka kematian. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, angka yang cukup fantastis. Usut punya usut ternyata hal itu dipengaruhi oleh penggunaan minyak zaitun dalam makanan oleh penduduk warga Albania.

  1. Mengurangi Pemakaian Obat Penurun Hipertensi

Hipertens
Hipertens-rumahholistik.com

Menurut hasil studi dari Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia, ia telah melakukan uji coba pada sekitar 32 pasien yang menderita penyakit hipertensi lalu mengkonsumsi minyak zaitun hasilnya tekanan darah penderita turun dalam kadar 7 poin.

  1. Mencegah Terjadinya Gejala Kanker

Selain kandungan lemak tidak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya kandungan antioksidan dapat mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula yang di tubuh. Tidak heran jika manfaat minyak zaitun tentu bisa mencegah penyakit mematikan ini.

  1. Menurunkan Kolestrol Yang Tinggi

Manfaat minyak zaitun lainnya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Dipastikan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Di dalam zaitun sendiri juga  terkandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghilangkan dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

  1. Minyak Zaitun Sama Seperti ASI

Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak ada di dalam ASI tergolong jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak yang paling baik dan memang yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah salah satu lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat yang sama seperti air susu ibu. Mirip bukan dalam sama atau bentuk fisiknya, tapi minyak zaitun dan ASI secara mengejutkan mirip.
Minyak zaitun extra virgin mengandung omega 3 dan omega 6 dalam porsi yang mirip dengan lemak ASI dan persentase yang sama dari asam linoleat menjadikannya sebagai makanan yang sangat diperlukan untuk mielinisasi serabut saraf dan perkembangan otak. Sangat mudah untuk dicerna dan membantu fungsi lambung, mencegah fenomena sembelit dan sakit perut.
Minyak zaitun membantu dalam penyerapan vitamin D, yang penting untuk bayi dan anak-anak yang tumbuh karena mengatur kalsium dan fosfor dan mendorong asupan mineral yang penting untuk proses pengerasan tulang. Hal ini memberikan anak perlindungan tambahan terhadap patah tulang pada usia muda dan risiko osteoporosis di usia tua.

 

  1. Menyehatkan Usus

Didalam minyak zaitun ternyata juga terdapat senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini sangat mempunyai peran penting untuk kesehatan usus karena senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus akibat dari penyakit anemia atau biasa dikenal dengan penyakit kekurangan darah.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat minyak zaitun yang lain adalah dengan adanya kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat mengupayakan tubuh dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi tidak seimbang sehingga dapat dengan ampuh menangkal serangan radikal bebas.

  1. Mengurangi Peradangan Sendi

Disinyalir dari Majalah AMJ CLIN NUTR yang terbit pada bulan November 1999 M, bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien penderita sakit persendian yang berada di negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit peradangan sendi yang mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek yang manjur dalam mengurangi sakit radang sendi ini.

Cara Mengobati Nyeri Sendi – Arthritis atau radang sendi merupakan penyakit yang disertai dengan gejala-gejala yang bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian. Radang sendi seperti rematik ini biasanya ditandai dengan kemerahan, kekakuan, pembengkakan dan rasa sakit di area persendian. Radang sendi ini bisa dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu rematik arthritis yang biasanya menyerang persendian jari, pergelangan, lutut dan jari kaki.

Pengobatan dari nyeri sendi jika Anda pergi ke dokter maka biasanya dokter akan memberikan obat sejenis asetosal, riaproxen, ibuprofen. Namun ada juga yang tergolong sebagai salah satu tindakan alternatif misalnya adalah seperti akupuntur, totok jari atau juga melakukan pijat dan urut. Namun untuk yang lebih membantu meringankan dan menghindari dari terjadinya kekambuhan, penderita penyakit nyeri sendi bisa melakukan olahraga ringan, melakukan diet, atau juga mendapatkan bantuan lewat peralatan dan semuanya ini harus segera diupayakan berdasarkan dari macam penyakit dasar yang bisa menjadi penyebab dari munculnya nyeri sendi tadi.

Nyeri sendi memanglah membuat penderitanya menjadi terganggu atau membuat penderitanya mengalami stres sampai membuat mereka tidak bisa melakukan apa-apa. Jadi tidak jarang untuk membantu cara mengobati nyeri sendi maka kadang sifatnya adalah untung-untungan. Karena kemungkinan banyaknya penyebab yang membuat dokter tidak bisa dengan mudah menegakkan diagnosis. Oleh sebab itulah pengobatan yang dilakukan pada satu pasien belum tentu cocok dilakukan pada pasien yang lain.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Rahim

Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen.

  1. Mengurangi Resiko Penyumbatan dan Penebalan Pembuluh Darah

ternyata nutrisi yang terkandungan di dalam minyak zaitun bisa mengurangi sedikitnya pengaruh negatif lemak dari dalam makanan yang bisa berpengaruh terhadap terjadinya pembekuan darah, dan terlebih lagi dapat mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.

  1. Mengurangi Terjadinya Penyakit Maag

Ternyata gizi yang ada di dalam minyak zaitun mampu memberikan efek positif untuk melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag.

  1. Menghilangkan Penyakit Artritis

Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan dikonsumsi dalam campuran makanan atau dengan mengoleskan sedikit minyak pada otot atau sendi yang nyeri.

  1. Mematikan Kutu Kepala

Penggunaan minyak zaitun untuk dijadikan minyak rambut yang terkena kutu, terbukti hanya dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

– Kutu merupakan
masalah rambut yang sering dialami sekarang ini. Berbagai macam perubahan pola
hidup yang dimudahkan dengan peralatan modern dapat menjadi penyebab utama
munculnya kutu rambut. di Amerika Serikat enam sampai dua belas juta anak-anak
terserang masalah kutu tersebut.

Adanya kutu pada bagian kulit kepala kerap sekali membuat para
penderitanya menggaruk-garuk, terutama ketika kutu tersebut menghisap darah
pada bagian kulit kepala. Jika tidak dihilangkan dengan segera, maka kutu
betina akan bertelur sebanyak enam buah sehari, dimana telur kutu nanti akan
menetas kurang lebih 8 hari.

Kutu rambut termasuk kedalam masalah yang cukup serius, sebab kutu bisa
loncat dan berpindah dari kulit kepala kita ke rambut orang lain. Dengan
demikian, kita akan menularkan kutu tersebut kepada kerabat, teman, ataupun
orang yang dekat dengan kita.

  1. Menghilangkan Nyeri

Kandungan oleokantal yang terdapat di dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang, hampir sama dengan penghilang rasa sakit yakni ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya. Selain menghilangkan nyeri manfaat minyak zaitun lainnya adalah bisa digunakan untuk obat lecet, luka bakar, luka sobek atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.

Manfaat Minyak Zaitun

Tidak cukup sampai disitu saja, masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh antara lain;

  1. Menurunkan kadar dalam tubuh
  2. Mencegah terjadinya kanker kulit
  3. Mencegah terjadinya kanker colon
  4. Mencegah atau mengurangi diabetes
  5. Menghilangkan migrain
  6. Menghilangkan penyakit kurap
  7. Mencegah terjadinya infeksi jamur
  8. Mencegah kanker payuda**
  9. Meredakan konstipasi
  10. Menghilangkan penyakit eksim

Selain untuk kesehatan tubuh manfaat minyak zaitun lainnya adalah untuk kecantikan. Terbukti Salah seorang petinggi wanita di Mesir yang terkenal dan memiliki daya tarik tersendiri karena parasnya yang cantik dan kulitnya yang sangat mulus adalah Ratu Cleopatra. Dia merupakan ratu Mesir yang pada zamannya sudah mementingkan dalam hal perawatan dirinya sendiri. Berikut sedikit manfaat yang bisa diambil dari minyak zaitun dalam hal kecantikan.

  1. Menunda Penuaan Dini
  2. Melembabkan Kulit Wajah
  3. Menghilangkan strech mark
  4. Memanjangkan rambut
  5. Melembabkan bibir

Masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun. Tergantung diri kita sendiri mau mulai menggunakannya kapan. Bila anda sudah sejak lama memakai minyak buah zaitun ini tentu akan lebih mengetahui khasiat yang di dalamnya. Jadi bagi anda yang belum menggunakan minyak ini, mulailah dari sekarang mencoba menggunakannya dan rasakan beribu manfaat minyak zaitun.