Manfaat Adas

Manfaat Adas

Posted on

Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Adas, dengan nama ilmiah Foeniculum vulgare Mill.Adas berasal dari Asia Tengah dan Benua Amerika.Sedangkan di Indonesia.Adas, banyak diketemukan di pulau jawa.Tanaman Adas biasanya tumbuh di dataran tinggi.

Adas merupakan salah satu tanaman rempah yang tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja tetapi juga untuk obat.Adas termasuk tanaman semak.Tanaman Adas, memiliki tinggi dari 50 cm sampai 2 meter.Tanaman Adas berstruktur batang rumpun, dengan berbatang 3-5 batang.

Batang Adas berwarna hijau kebiruan, batang beralur, beruas, serta berlubang.Batang beraroma wangi saat diremas.Daun Adas tumbuh hingga 40 cm,bentuk jarum,ujung pangkaldaun runcing, majemuk ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit.Bagian tepi daunnya rata berseludang dengan warna putih, seludang ini berselaput dan bagian atasnya memiliki bentuk seperti topi.

Bunga adas berbentuk majemuk, terdiri dari 6-40 gagang bunga dengan panjang gagang bunga 5-10 cm.Mahkota bunga Adas berwarna kuning, tumbuh keluar dari batang.

Tanaman Adas memilki buah berwarna hijau, berbentuk lonjong, berusuk dan panjang antara 6 – 10 mm serta lebar 3- 4 mm.Jika sudah tua akan berwarna coklat tua, meskipun warna adas dipengaruhi darimana adas itu berasal.Buah adas yang sudah matang,memiliki bau yang wangi seperti kamper.

Adas memilki kandungan minyak asiri, sehingga memilki bau yang aromatik. Buah tumbuhan Adas rasanya pedas, manis, dan hangat di tenggorokan.Bagian yang dimanfaatkan tanaman adas, adalah buahnya.Pemakaiannya sebagai tanaman obat, dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur.

Adas memiliki kandungan Anetol, minyak atsiri, anisaldehid, limonen, asam lemak, felandren, dan asam anisat.Manfaat Adas, adalah melancarkan buang angin, menghangatkan badan, merangsang kerja organ pencernaan,menghancurkan batu ginjal, penambah nafsu makan, membantu mengeluarkan dahak, mengatasi insomnia, batuk berdahak, serta datang bulan yang tidak teratur.