Manfaat Ampas kelapa

Manfaat Ampas Kelapa, yang diolah menjadi tepung kelapa

Indonesia merupakan negara yang memiliki perkebunan kelapa terbesar didunia, dengan luas 3,712 juta Ha,96,6% perkebunan rakyat, 0,7% milik negara, dan sisanya 2,7% milik swasta. Karena kendala modal, teknlogi, daya serap pasar, potensi 15M butir/tahun hanya dimanfaatkan hanya 7,5M butir/tahun.

Tepung kelapa merupakan olahan kelapa yang berasal dari ampas kelapa.Demi untuk menaikkan nilai tambah ampas kelapa, maska diolahlah ampas kelapa menjadi tepung kelapa, yang selama ini hanya ampas kelapa dari industri pengolahan kelapa untuk pakan ternak saja.

Ampas kelapa adalah sumber protein yang tinggi, yang bebas dari gluten, ampas kelapa mengandung karbohidrat digestible dan lemak yang rendah.Tepung kelapa digunakan untuk bahan baku dalam industri makanan, Tepung kelapa merupakan kandungan serat pangannya yang sangat tinggi.Proses Pengolahan ampas kelapa, dari penambahan larutan pengawet, pengeringan, penggilingan dan pengayakan.

Tepung kelapa mempunyai manfaat dalam mengendalikan kelebihan berat badan (obesitas), meningkatkan ketersediaan mineral dan mencegah konstipasi (sembelit).
pencegahan pencegahan dan pengendalian berbagai penyakit kronis seperti kanker usus besar, serangan jantung, hipertensi, stroke dan diabetes melitus.

Tepung kelapa digunakan dalam industri makanan dalam pembuatan,cake, biskuit, pai dan pastry, serta dalam produk confectionery seperti permen kacang dan lain-lain.

Berdasarkan Penelitian, tepung kelapa, tepung pisang, tepung kasava, tepung gandum dan tepung beras menunjukkan bahwa setelah fermentasi tepung kelapa memproduksi asarn lemak rantai pendek, seperti asam butirat, propionat dan asetat, yang secara signifikan berbeda dengan pola asam lemak rantai pendek pada tepung lainnya. Asam butirat merupakan asam lernak rantai pendek yang telah terbukti rneningkatkan diferensiasi sel dan mencegah pembentukan tumor pada usus besar.

Asam butirat telah digunakan secara luas oleh perusahaan-perusaham farmasi besar yang memproduksi obat-obatan anti kanker untuk merawat tumor stadium awal, temasuk yang berimplikasi menjadi kanker payudara.
Walaupun ampas kelapa adalah hasil samping pembuatan santan, namun ampas kelapa merupakan bahan pangan sumber serat.
Kandungan protein tepung ampas kelapa relative cukup rendah yaitu 5,78%, daripada tepung terigu (13,51%). Kandungan lemak tepung ampas kelapa cukup tinggi dari tepung terigu (38,23%). Kandungan serat kasar tepung ampas kelapa cukup tinggi yaitu (15,06%) persen, lebih tinggi dari tepung terigu (0,25%). Kandungan serat pangan tak larut sangat tinggi yaitu (63,66%), dan (serat pangan larut sangat rendah 4,53%.
Kandungan gizi tepung ampas kelapa mengandung karbohidrat dalam jumlah yang lebih rendah yaitu sekitar 33,64%, dari tepung terigu (73,52%).

Manfaat Ampas kelapa | caramanfaat | 4.5

Leave a Reply