Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Posted on

 Manfaat Dan Khasiat dari Brokoli

Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan – Pada tahun yang sama saat Presiden Bush membuat pernyataan tersebut, John Hopkins University menemukan studi tentang kanker yang menunjukkan bahwa brokoli mampu mencegah perkembangan kanker hingga 60% dan membantu mengecilkan ukuran tumor hingga 75%.

9 manfaat brokoli bagi kesehatan:

Mencegah kanker Brokoli mengandung glucoraphanin, suatu kandungan dimana tubuh akan memprosesnya menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphane. Senyawa ini akan mengusir bakteri yang ada di tubuh yaitu Helicobacter pylori. Bakteri ini diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, sebuah senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang hebat dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim (kanker serviks), serta dapat meningkatkan fungsi hati.

Menurunkan kadar kolesterol – seperti kebanyakan manfaat sayuran, brokoli kaya akan serat yang dapat melarutkan kolesterol keluar dari tubuh Anda.

Mengurangi Alergi Reaksi dan Peradangan — Brokoli kaya akan kaempferol dan isothiocyabates. Penelitian menunjukkan kandungan kaempferol dapat mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki sejumlah besar asam lemak omega 3 yang dikenal sebagai anti-inflamasi.

Melawan radikal bebas — sayuran brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, suatu antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meringankan ketidaknyamanan dari flu yang menyerang.

Menjaga kesehatan tulang — Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mampu mencegah osteoporosis.

Menjaga kesehatan kulit — Brokoli sangat membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak disebabkan hal-hal tertentu seperti luka akibat sinar matahari. Glucoraphanin yang terkandung di dalam brokoli dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

Menjaga sistem kekebalan tubuh — Sayuran brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan selenium adalah aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan mata — Brokoli diketahui juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli dapat mencegah degenerasi makular terkait usia dan juga katarak, serta memiliki efek anti kanker. Selain itu, brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina.

Menjaga kesehatan jantung — Karotenoid lutein yang terkandung dalam brokoli dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli juga dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Semoga ada manfaatnya untuk anda

 

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *