Manfaat Daun Serai

Manfaat Daun Serai

Posted on

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Serai

Bagi penduduk Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun serai, karena manfaat daun serai kerap kali digunakan pada bumbu masakan khas Indonesia. Sebagaimana yang kita tahu, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan cita rasa makan. Serai selain diambil manfaatnya untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat sehat di dalamnya.

Fakta Gizi Pada Manfaat Daun Serai

Serai adalah rempah milik keluarga rumput Poaceae. Nama ilmiah: Cymbopogon citratus. Berasal dari bagian Selatan India dan Sri Lanka. Manfaat daun serai ini telah menjadi salah satu bahan populer di Thailand, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia dan sejauh benua Afrika dan Amerika untuk keperluan kuliner dan obat.

Manfaat daun serai untuk kesehatan
Daun serai herbal memiliki banyak manfaat kesehatan dari kandungan minyak esensial, bahan kimia , mineral dan vitamin yang dikenal memiliki anti oksidan, seperti berikut :

  • Komponen kimia utama dalam serai ialah ramuan citral atau lemonal, aldehida yang bertanggung jawab untuk bau lemon yang unik. Citral juga memiliki sifat anti mikroba dan anti jamur yang kuat.
  • Selain itu, bagian ramuan yang mengandung unsur-unsur lain dari minyak esensial seperti myrcene, sitronelol, metil heptenone, dipentene, geraniol, limonene, geranil asetat, nerol dll. Senyawa ini diketahui memiliki kontra iritan, rubefacient, insektisida, anti  jamur dan anti septik .
  • Daun dan batang yang sangat baik dalam asam folat ( 100 g daun dan batang menyediakan sekitar 75 mg atau 19 % dari RDA ) . Folat penting dalam pembelahan sel dan sintesis DN. Ketika diberikan selama periode awal kehamilan, dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Manfaat daun serai yang juga kaya berbagai vitamin penting yang tak ternilai seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B – 6) dan thiamin (vitamin B – 1). Vitamin ini penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Daun serai yang segar atau kering, merupakan sumber kaya mineral seperti kalium, seng, kalsium, besi, mangan, tembaga dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan.

manfaat daun serai untuk kesehatan, manfaat daun serai untuk kecantikan, manfaat daun serai merah, manfaat daun serai sebagai obat, manfaat daun serai untuk obat, manfaat daun serai bagi kesehatan, manfaat daun serai untuk rambut, manfaat daun serai untuk kulit, manfaat daun serai wangi,