Manfaat Ikan Tuna

Posted on

Berbagai jenis makanan laut merupakan salah satu anugerah seperti contohnya manfaat ikan tuna yang berlimpah kandungan nutrisi. Sebagai negara kepulauan, berbagai jenis hasil laut seperti ikan tuna seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh penduduknya. Manfaat ikan tuna telah dikenal dan kemudian manfaat minyak ikan tuna sudah banyak diproduksi dan disebarluaskan. Bagaimana manfaat ikan tuna ini untuk kesehatan? simak selengkapnya pada artikel ini.

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

  • Kesehatan mata

Tingginya tingkat omega-3 asam lemak esensial dalam ikan tuna menawarkan perlindungan menyeluruh terhadap degenerasi makula (AMD) dari mata, suatu kondisi di mana visi halus memburuk yang mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral dan merupakan penyebab utama kebutaan pada orang di atas 50 tahun. Studi sangat menyarankan bahwa peningkatan asupan omega-3 asam lemak juga dapat mengurangi risiko sindrom mata kering, merupakan penyebab penting dan lazim keluhan okular.

  • Manfaat kognitif

Omega 3 asam lemak dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer dengan mempromosikan pasokan darah yang sehat ke otak dan menurunkan peradangan, membantu transmisi sinyal listrik di otak dan mengurangi jenis lesi yang sering ditemukan pada pasien yang menderita kerusakan Alzheimer.

  • Meningkatkan mood

Sebuah diet tinggi dalam tuna dapat meningkatkan mood dan menghemat stres. EPA Omega 3 asam lemak meningkatkan aliran darah dan dapat mempengaruhi hormon dan sistem kekebalan tubuh, yang masing-masing memiliki efek yang penting pada fungsi otak. DHA digunakan dalam saluran ion di otak, membantu mengirimkan sinyal listrik dan terlibat dalam metabolisme serotonin, faktor kunci dalam depresi.

  • Peningkatan Respon Insulin

Tuna memiliki manfaat khusus bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, karena kadar lemak omega-3 yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa meskipun lemak jenuh meningkatkan berat badan, omega-3 lemak yang ditemukan dalam ikan tuna mengurangi kemungkinan menjadi gemuk bersama dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon insulin. Alasan untuk kemampuan luar biasa adalah omega 3 asam lemak yang dikenal sebagai EPA, yang merangsang sekresi dari hormon leptin, sehingga mengatur berat badan dan metabolisme.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *