Manfaat Jambu Biji

khasiat Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang tidak kalah bermanfaat dan yang lebih serunya, ternyata resep – resep yang berbeda menghasilkan manfaat dari jambu biji yang berbeda. Seperti apakah resep2 dari jambu biji?

Jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang tinggi dan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. Kandungan vitamin C terbanyak ketika jambu biji akan matang, yaitu terdapat pada kulit dan daging buah dari jambu biji ini. Jadi, dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini, buah jambu biji memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ditambah lagi, jambu biji ini memiliki pektin sehingga menunjang manfaat dari buah tersebut. Pektin ini berupa serat yang larut dalam air. Jadi, dengan adanya pektin ini, buah jambu biji juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Telah dilakukan penelitian untuk membuktikan kebenaran itu di Research Center Morrabad dan Singh Medical Hospital, India. Dari hasil penelitian itu menunjukkan bahwa benar jambu biji bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan tekanan darah.

Buah ini juga mengandung likopen yang tidak sedikit. Zat likopen yang berlimpah pada jambu biji ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit kanker, dan juga melindungi tubuh dari antioksidan. Masih banyak lagi kandungan jambu biji yang bermanfaat seperti zaat samak, damar, asam apfel, triterpinoid, tanin dan eugenol.


Manfaat Jambu Biji

Kita bisa mendapatkan manfaat dari jambu biji yang beragam dengan resep – resep yang tepat. Resep penyajian untuk mendapatkan manfaat dari jambu biji secara maksimal adalah sebagai berikut :

  1. Jambu biji yang memiliki fungsi untuk memperlancar sistem pencernaan, memperkuat jantung dan antikanker. Lakukan dengan membuat jus dari jambu biji, melon dan apel.Lalu setelah ke 3 buah itu dicampur, tambahkan madu murni sekitar 100 cc.Blender la campuran itu, dan minum secara rutin setiap pagi dan sore.
  2. Jambu biji mengatasi penyakit maag. Pertama, siapkan 8 helai daun jambu biji.Setelah itu, cuci daun itu dan rebus dengan menggunakan air sebanyak 1,5 liter.Minum air dari hasil rebusan tadi 3x sehari.
  3. Jambu biji sebagai obat untuk disentriPertama, sediakan daun dan akar jambu biji secukupnya.Lalu potong hingga menjadi potongan kecil, cuci dengan air bersih, dan rebuslah daun dan akar tadi. Setelah itu, tinggal diminum sampai kamu tidak mengalami disentri.

Sumber: diethuteri.com

Manfaat Jambu Biji | caramanfaat | 4.5

Leave a Reply