3 Cara Efektif Mengobati Batuk pada Anak di Rumah

Menghadapi anak yang sedang sakit batuk tentu tidak mudah bagi para orang tua. Terlebih bila belum sempat membawa ke dokter karena sedang weekend atau sudah larut. Sehingga orang tua perlu tahu cara mengobati batuk pada anak menggunakan bahan di rumah.

Dengan demikian setidaknya ada perawatan yang anak dapatkan untuk meredakan batuk yang mereka derita. Pafikabogankomeringulutimur.org memiliki rekomendasi yang bagus mengenai penanganan batuk pada anak baik itu menggunakan obat maupun bahan alami.

Beginilah Pengobatan Batuk Anak Secara Alami di Rumah Saja

Cara Efektif Mengobati Batuk pada Anak di Rumah

Mengobati batuk pada anak atau pilek pada bayi bisa Anda lakukan dengan cara-cara yang sederhana dan bahan alami di rumah. Tentu saja bila menggunakan bahan alami Anda harus rajin dan konsisten karena efeknya kemungkinan besar tidak secepat mengonsumsi obat.

Namun, cara ini tetap patut untuk Anda coba dan ketahui khususnya untuk membantu di kondisi tertentu atau tidak ingin anak terlalu sering mengonsumsi obat. Nah berikut ini adalah cara mengatasi batuk pada bayi dan anak menggunakan bahan alami.

Memberi ASI pada Anak

Bagi Anda yang anaknya masih bayi, khususnya yang berusia kurang dari 6 bulan, tidak perlu bingung-bingung. Karena sejatinya, ASI pun dapat menjadi obat bagi buah hati Anda.

Silahkan naikkan frekuensi pemberian ASI kepada buah hati untuk menjaga agar mereka tetap terhidrasi dengan baik. Tubuh yang terhidrasi bisa membantu mengencerkan dahak dan meredakan gatal yang ada di tenggorokan.

Apabila disertai dengan pilek, cara mengatasi pilek pada bayi yang paling efektif adalah menyedot ingus menggunakan bulb syringe. Tidak semua orang tua berani melakukan tindakan ini karena takut menyakiti sang buah hati.

Maka, alternatif untuk pengobatan bayi pilek adalah dengan mandi air hangat dan berjemur di pagi hari. Pastikan untuk mengatur posisi kepala bayi lebih tinggi dari dada. Hal ini agar ingus tidak masuk ke rongga hidung dan mengganggu pernapasan anak.

Memberi Madu pada Anak

Madu terkenal sebagai bahan alami yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Mengkonsumsi madu bisa meredakan batuk secara efektif dan juga membantu anak bisa tidur lebih nyenyak.

Konsumsi madu untuk pengobatan batuk bisa dilakukan dengan mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh. Selanjutnya, Anda bisa meminumkannya kepada anak yang sedang batuk.

Penting untuk diketahui bahwa cara ini direkomendasikan untuk anak berusia di atas 12 bulan. Memberi madu pada anak di bawah 12 bulan bisa menyebabkan keracunan yang serius.

Memberi Sup Ayam pada Anak

Cara mengobati batuk pada anak selanjutnya bisa dilakukan dengan pemberian makanan yang tepat. Sup ayam memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang bisa membantu memperkuat tubuh anak melawan bakteri penyebab batuk.

Anda pastinya pernah mendengar orang tua dulu mengatakan bahwa tubuh yang kuat diperlukan untuk melawan penyakit, bukan? Silakan olah sup ayam sesuai dengan kesukaan buah hati Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi permasalahan batuk serta pilek pada anak. Kunjungi situs pafikabogankomeringulutimur.org untuk mendapatkan tips kesehatan dan informasi menarik mengenai dunia farmasi lainnya.

Posting Komentar untuk "3 Cara Efektif Mengobati Batuk pada Anak di Rumah"