5 Cara Mengobati Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit adalah suatu keadaan dimana terjadi perubahan warna atau tekstur pada kulit yang disebabkan oleh peradangan. Kulit yang biasanya mengalami ruam akan muncul gejala berupa gatal-gatal, bersisik, iritasi hingga benjol.

Gejala lain yang nampak adalah kulit menjadi kemerahan, tapi ada pula yang berwarna ungu atau abu-abu. Ruam pada dasarnya hilang dengan sendirinya. Ada pula yang membutuhkan pengobatan secara medis atau alami.

Cara Tuntas Mengobati Ruam Pada Kulit

Cara Tuntas Mengobati Ruam Pada Kulit

Sebelum mengetahui cara mengobati ruam kulit, ada baiknya apabila Anda tahu dulu tentang penyebab penyakit satu ini. Sebab, akan lebih mudah untuk mengobatinya.

Adapun penyebab terjadinya ruam kulit adalah dermatitis kontak atau terjadi kontak langsung dengan unsur penyebab alergi, ruam popok,gigitan serangga, infeksi jamur hingga cacar air.

Apabila telah mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab ruam kulit, berikut adalah beberapa cara mengobati ruam kulit yang harus Anda ketahui;

1. Mengkonsumsi Obat Antihistamin

Pengobatan ruam pada kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah menggunakan obat antihistamin. Obat ini akan meredam rasa sakit dan panas akibat munculnya ruam pada kulit.

2. Oleskan Krim Kortikosteroid

Ruam pada kulit bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena alergi pada makanan , debu atau yang lainnya.

Untuk pengobatan ruam kulit yang terjadi karena alergi adalah menggunakan krim kortikosteroid yang akan membantu memberikan efek dingin pada kulit yang mengalami ruam dan bisa mengatasi gatal-gatal.

3. Memberikan Pelembab Pada Kulit

Cara mengobati ruam pada kulit selanjutnya adalah menggunakan pelembab pada kulit. Cara ini hampir sama dengan menggunakan krim yang terjadi karena alergi. Pemberian krim secara teratur akan membuat ruam hilang secara perlahan.

4. Menggunakan Krim Anti Jamur

Ruam kulit juga bisa terjadi karena terkena jamur yang membuat kulit menjadi gatal dan akhirnya muncul warna merah.

Berbeda dengan pengobatan karena alergi, ruam yang disebabkan oleh jamur harus diatasi dengan krim yang khusus untuk menghilangkan jamur seperti clotrimazole dan miconazole. Krim ini akan membantu meredakan gatal, panas dan merah pada kulit secara perlahan.

5. Pemberian Krim Antibiotik

Cara mengobati ruam kulit bisa juga menggunakan krim antibiotik. Penggunaan obat ini untuk jenis-jenis ruam kulit akibat bakteri. Antibiotik ini apabila digunakan secara rutin pada saat pengobatan akan mempercepat hilangnya ruam.

Untuk mendapatkan antibiotik harus menggunakan resep dari dokter atau bisa membeli di apotik terdekat.

Cara pengobatan ruam yang ada pada kulit tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Akan lebih baik apabila berkonsultasi dulu dengan dokter karena lebih tahu pengobatan mana yang paling tepat untuk ruam yang terjadi pada kulit.

Selain menggunakan pengobatan medis, ada juga yang menggunakan pengobatan ruam kulit alami. Cara pengobatan alami ini bisa menggunakan kompres air dingin, mengoleskan lidah buaya untuk meredam gatal dan panas.

Cara alami bisa pula menggunakan minyak kelapa yang dioleskan serta soda kue yang dijadikan pasta lalu dioleskan ke ruam pada kulit.

Selain melakukan pengobatan sesuai dengan penyebabnya, alangkah bagusnya apabila Anda juga mulai pandai melakukan pencegahan.

Misalnya dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, minum banyak air serta hindari olahraga yang menguras banyak keringat.

Sekarang Anda lebih tahu bukan tentang apa itu ruam kulit, cara pengobatan dan pencegahannya. Dengan adanya informasi di atas diharapkan Anda lebih berhati-hati, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dengan baik.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengobati Ruam Pada Kulit"