Cara Efektif Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Osteoporosis atau kondisi pengeroposan tulang ternyata tidak hanya menyerang di usia tua, akan tetapi dapat terjadi mulai dari usia muda. Untuk itu organidasi kefarmasian pafikotamuarabungo.org mengajak masyarakat untuk mencegah osteoporosis di usia muda.

Pengeroposan tulang ini tidak dapat dianggap sepele, karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Dampak mengerikan yang akan Anda alami yaitu parah tulang belakang.

Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Cara Efektif Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Osteoporosis adalah suatu permasalahan pada tulang berupa pengeroposan. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang.

Umumnya penyebab osteoporosis karena faktor usia atau genetik. Akan tetapi pengaruh gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan pengeroposan tulang lebih dini.

Faktor penyebab osteoporosis karena gaya hidup, seperti konsumsi alkohol dan kafein berlebih, serta jarang olahraga. Selain itu, merokok juga dapat mempengaruhi pengeroposan tulang.

Oleh karena itu, agar tidak mengalami osteoporosis lebih dini, lakukan beberapa cara efektif mencegah osteoporosis berikut ini:

Rutin Olahraga

Rutin berolahraga baik untuk kesehatan tulang, karena dapat menjaga kepadatan tulang. Jika Anda jaran beraktivitas maka tulang akan mengalami pengeroposan dengan cepat.

Untuk itu, dalam mencegah osteoporosis sejak muda maka rutin olahraga setiap ai atau setiap minggu. And bisa muka dengan melakukan olahraga ringan, seperti jogging.

Hindari Minuman Beralkohol dan Merokok

Konsumsi minuman alkohol dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kepadatan tulang semakin berkurang. Untuk itu, perlahan tulang akan mengalami pengeroposan dan berakibat fatal sehingga mengalami patah tulang belakang atau patah pelvik.

Begitu juga untuk Anda perokok berat, osteoporosis disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok. Untuk itu, kurangi merokok agar tulang tetap sehat dan kuat.

Kurangi Minum Kopi

Kopi sebagai salah satu minuman dengan kafein tinggi tidak baik untuk kesehatan tulang jika dikonsumsi terlalu banyak atau sering. Hal ini karena, kafein dapat mengurangi jumlah kalsium dalam tubuh, khususnya tulang.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama dalam pencegahan osteoporosis. Fungsi vitamin D dalam tubuh untuk mengatur pergantian tulang.

Bagi anak-anak dan orang dewasa kebutuhan vitamin D sebesar 600 IU. Vitamin D dapat Anda dapatkan melalui makanan, seperti ikan salmon dan kacang almond.

Minum Suplemen Penambah Kalsium

Agar kepadatan tulang tetap terjaga baik maka kalsium dalam tubuh harus terpenuhi dengan baik. Kalsium bisa Anda dapatkan dari makanan dan minuman suplemen khusus.

Oleh sebab itu, jaga kesehatan tulang Anda dengan konsumsi makanan dan minuman sehat, serta olahraga. Dengan akan terhindar dari osteoporosis lebih cepat.

Apalagi gejala osteoporosis suit terdeteksi. Anda bisa mengalami patah tulang tiba-tiba wala karena kecelakaan ringan.

Selain itu, dapatkan informasi seputar suplemen yang bagus untuk menambah kalsium melalui organisasi kefarmasian pafikotamuarabungo.org. Pastikan selalu konsumsi obat yang sesuai standar kefarmasian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Mencegah Osteoporosis di Usia Muda"