Cara Mendeteksi Gejala Prediabetes Sejak Dini

Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang penderita diabetes terbanyak di dunia. sebenarnya, gejala penyakit ini sudah muncul sebelum tubuh tumbang. Hanya saja, gejala pra diabetes sering diabaikan oleh orang sampai kondisi parah.

Padahal, informasi ini sudah sering dilontarkan para peneliti, ahli medis, sampai beberapa situs khusus kesehatan seperti pafukotakepahiang.org. Anda bisa melihat situsnya secara langsung untuk memastikan kebenaran informasinya.

7 Cara Mengetahui Gejala Prediabetes

Cara Mendeteksi Gejala Prediabetes Sejak Dini

Gula darah tinggi tidak bisa diabaikan. Sebab, dampaknya bisa memicu kematian karena menimbulkan penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, segera diketahui beberapa ciri-ciri pradiabetes sejak awal. Simak disini.

1.Tumbuh Kutil

Gejala pertama adalah tumbuh kutil atau skin tags. Biasanya, pertumbuhan daging kecil ini dibersamai dengan munculnya warna gelap pada kulit di sekitarnya. Jadi, waspadai jika memang Anda mengalaminya.

2. Mudah Lelah

Mudah merasa lelah sekalipun sudah istirahat dengan cukup hingga tak melakukan apapun selama seharian ini juga termasuk gejala gula darah naik. Ini harus Anda pahami dengan baik supaya bisa mendeteksi sejak dini.

Perlu Anda ketahui, penyebab rasa lelah berlebihan dikarenakan gula darah dalam tubuh tidak efektif sehingga menyebabkan prediabetes. Tentu hal tersebut berpengaruh pada kurangnya energi yang masuk ke tubuh.

3. Penglihatan Tidak Jelas

Gejala yang berikutnya adalah penglihatan kabur atau tidak jelas. Memang ini tidak selalu menjadi patokan, mengingat bisa juga kaburnya penglihatan dikarenakan Anda terkena minus ataupun silinder.

Hanya saja, jika tak terlalu banyak memakai gadget tiba-tiba penglihatan buruk, harap berhati-hati dan langsung melakukan pemeriksaan. Hilangnya kualitas penglihatan dikarenakan gula darah tinggi bisa membuat lensa mata membengkak.

4. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Pradiabates akan membuat penderita merasa sering haus sehingga terlalu banyak buang air kecil. Adapun ini merupakan gejala insulin resistance yang sudah cukup tinggi.

Biasanya, kejadian ini lebih sering di malam hari, terutama ketika Anda sedang tidur. Menurut beberapa penelitian yang menyebutkan, penderita diabetes bisa buang air lebih dari lima kali dalam ketika malam hari.

5. Kulit di Beberapa Bagian Menghitam

Gejala kelima adalah kulit gelap di leher maupun beberapa bagian tubuh seperti ketiak dan selangkangan. Kondisi ini terjadi karena jumlah insulin dalam tubuh tidak sesuai kadarnya alias terlalu tinggi.

Dalam dunia medis, kondisi tersebut dinamakan acanthosis nigricans. Biasanya, penderita diabetes tidak memperhatikannya karena kemunculannya tak terlalu spesifik.

6. Luka Sembuh Lebih Lama

Jika Anda pernah memiliki luka basah, tetapi penyembuhannya sulit dan lebih lama, ini bisa jadi insulin terlalu tinggi. Bukan hanya penyembuhan, namun kondisi luka tersebut juga selalu basah seolah tidak mau kering.

Kondisi tersebut muncul karena gula darah yang berlebih dapat merusak saraf juga pembuluh darah. Sehingga aliran darah sulit mengalir ke bagian luka dan membuatnya tidak mudah sembuh.

7. Muncul Sensasi Kesemutan

Gejala yang terakhir ini muncul lebih sering ketika penderita mengalami kerusakan saraf akibat gula darah yang tidak stabil. Alhasil, pada anggota tubuh seperti tangan dan kaki mengalami kesemutan dengan eksistensi tinggi.

Bahkan, kesemutan itu tidak mudah sembuh dan terus terjadi setiap hari. Hendaklah segera cek gula darah ke rumah sakit ataupun dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Waspadai Gejala Pradiabetes, Cegah Penyakit Diabetes Sejak Awal

Gejala-gejala ini bukanlah persoalan yang bisa Anda sepelekan. Tetap jaga pola hidup sehat dan lakukan pemeriksaan rutin supaya Anda tahu bagaimana kondisi tubuh yang sebenarnya.

Cari informasi sebanyak-banyaknya melalui situs terpercaya sebagai referensi kesehatan. Salah satunya adalah pafikotakepahiang.org.

Posting Komentar untuk "Cara Mendeteksi Gejala Prediabetes Sejak Dini"